UKM Sasirangan akan dikumpulkan

 

Dikutip dari Harian Bpost, tanggal 6 Juni 2016.

Dalam acara Persembahan Telkom Indonesia untuk Kebangkitan UKM Indonesia, ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah berencana mengumpulkan UKM yang selama ini bergerak di bidang usaha Sasirangan.

Selama ini, pengusaha sasirangan di Banjarmasin seperti jalan sendiri-sendiri. Padahal untuk maju memerlukan gerakan bersama. “Seperti bidang pemasaran harus saling sokong,” katanya.

Salah satunya perlunya motif andalan yang menjadi ciri khas “sasirangan” buatan pengrajin kota Banjarmasin. Jadi orang akan mengenal jika sasirangan itu buatan pengrajin Banjarmasin.

Setelah ini, dia akan melakukan hal yang sama pada UKM lainnya yang bergerak di bidang kerajinan. “Salah satunya bagaimana bidang pemasaran online,” ujarnya.

Menyikapi dari berita diatas nama managemen Rumah Sasirangan sangat menyambut baik akan rencana ini. Demi meningkatkan memajuan UKM yang bergerak dibidang usaha Sasirangan para UKM memang harus dikumpulkan agar dapat bersatu dalam satu misi yaitu mengenalkan produk Sasirangan agar lebih dikenal di luar daerah Kalimantan Selatan.

Dalam hal ini memang pihak yang terkait khususnya Pemerintah harus saling mendukung agar para UKM Sasirangan dapat lebih berkembang misalnya selalu mengontrol bahan baku seperti kain polos sebagai bahan dasar kain sasirangan selalu tersedia dipasaran jangan sampai kosong dipasaran. Karena ini sangat menghambat para pengrajin sasirangan untuk dapat memproduksi kainnya. Menurut beberapa sumber yang kami dapatkan memang ada beberapa oknum yang ingin memanfaatkan momen dengan cara menyetok bahan baku kain sehingga harga kain menjadi naik dipasaran. Sehingga harga jual kain sasirangan saat ini ikut menjadi naik.

Mengenai pemasaran melalui media online, menurut kami saat ini sudah cukup berkembang hal ini dapat kita jumpai di beberapa media sosial khususnya instagram, banyak sekali saat ini account instagram yang menjual kain Sasirangan melalui media online. Apabila kita bandingkan dengan setahun yang lalu perkembangannya meningkat tajam. Menurut pengamatan kami saat ini sudah ada 50 lebih account instagram yang menjual produk kain Sasirangan mulai dari kain sasirangan, jilbab sasirangan, baju kaos sasirangan, kemeja sasirangan, jaket sasirangan, sendal sasirangan dan lain-lain.

Nah, sebenarnya dengan berkembangnya Sasirangan online ini menjadi salah satu bukti bahwa para marketing online ini dapat dijadikan sebagai ujung tombak untuk memasarkan produk sasirangan lebih luas lagi. Sehingga selain dapat meningkatkan pendapatan daerah juga dapat menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan baru.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, terutama yang membaca. Jika ada saran silahkan berikan komentar di bawah ini.

 

Salam hangat,

 

Rumah Sasirangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 4 =